Khamis, 21 Februari 2013

Laporan Kunjungan Industri

KATA PENGANTAR
            Puji dan syukur penyusun panjatkan kehadirat Allah SWT atas rahmat, taufik dan hidayah-Nya sehingga penyusun dapat menyelesaikan laporan Kunjungan Industri dengan lancar. Laporan ini disusun berdasarkan hasil Kunjungan Industri yang dilaksanakan pada tanggal 23 Januari 2013 di PT. Amerta Indah Otsuka – Kejayan, Pasuruan. Sehubungan dengan penyusunan laporan ini penyusun ucapkan terima kasih kepada :
1.      Bapak Ir. Dadik Hariadi selaku Kepala UPT SMK Negeri 1 Grati
2.      Bapak Sarwono, S.Pd selaku Ketua Kompetensi Keahlian Kimia Industri dan sebagai Guru Pembimbing
3.      Bapak / Ibu Pimpinan dan karyawan PT. Amerta Indah Otsuka
4.      Para Guru Produktif Kompetensi  Keahlian Kimia Industri
5.      Semua pihak yang telah membantu penyusunan laporan ini sehingga terselesaikan sesuai dengan rencana yang diinginkan.
            Penyusun menyadari bahwa laporan ini masih banyak kekurangan dan masih jauh dari sempurna. Oleh karena itu, penyusun sangat mengharapkan saran atau kritik yang membangun dari berbagai pihak dan akan kami terima dengan senang hati. Semoga dengan terselesaikannya laporan ini dapat bermanfaat bagi kita semua.

                                                                        Grati, 28 Januari 2013


                                                                                  Penyusun



DAFTAR ISI
LEMBAR PENGESAHAN.........................................................................            1
KATA PENGANTAR.................................................................................            2
DAFTAR ISI................................................................................................ 3
BAB 1 : PENDAHULUAN                                                                        
            1.1 Latar Belakang............................................................................  4
1.2 Tujuan.........................................................................................  5
1.3 Waktu dan Tempat...................................................................... 5
BAB 2 : PROFIL PERUSAHAAN
            2.1 Gambaran Umum Perusahaan.....................................................  6
BAB 3 : PELAKSANAAN KUNJUNGAN
            3.1 Gambaran Umum Pelaksanaan.................................................... 11
            3.2 Ulasan Materi..............................................................................  13
BAB 4 : PENUTUP
            4.1 Kesimpulan.................................................................................. 17
            4.2 Saran............................................................................................ 17






BAB I
( PENDAHULUAN )
1.1  Latar Belakang

      Pendidikan menengah kejuruan dituntut harus membekali dan kualifikasi keahlian standar serta memiliki sikap dan perilaku yang dibutuhkan oleh Dunia Kerja Industri. Maka dari itu Siswa kelas X Kompetensi Keahlian Kimia Industri UPT SMK Negeri 1 Grati sejak dini harus dikenalkan dengan Dunia Usaha yaitu dengan cara melakukan Kunjungan Indutri.

      Kunjungan Industri merupakan sarana untuk menambah wawasan dan ilmu pengetahuan bagi siswa dan guru. Siswa kelas X Kompetensi Keahlian Kimia Industri memiliki berbagai pilihan Industri yang dapat dikunjungi, antara lain PT. Amerta Indah Otsuka, yang kita ketahui bahwa perusahaan ini adalah salah satu perusahaan terbesar yang berada di Indonesia bahkan peruasahaan kualitas dunia yang bergerak dalam bilang minuman isotonic berkualitas yang bernama Pocari Sweat, dan pada perusahaan ini dapat dijadikan pengamatan langsung oleh siswa Kompetensi Keahlian Kimia Industri UPT SMK Negeri 1 Grati. Akhirnya telah dipilihlah PT. Amerta Indah Otsuka sebagai tujuan kunjungan Industri Siswa kelas X Kompetensi Keahlian Kimia Industri.

      Selain itu setelah selesai tujuan utama Kunjungan di PT. Amerta Indah Otsuka, tujuan kedua adalah melakukan Tour Wisata di Jatim Park 1 Batu, Jawa Timur. Selain untuk berwisata, juga untuk menyegarkan kembali otak kiri dan kanan yang penat.

1.2  Tujuan

Tujuan dari Kunjungan Industri ini adalah :
1.      Siswa dapat mengamati dan memperhatikan secara langsung keadaan yang sebenarnya di Dunia Kerja Industri
2.      Siswa diharapkan memperoleh pengetahuan dan pengalaman yang luas di dunia Industri serta melatih pola piker sebelum bertindak di lingkungan masyarakat.

1.3  Pelaksanaan
Kunjungan Industri ini dilaksanakan pada :
Hari / Tanggal                   : Rabu / 23 Januari 2013
Waktu                               : 08.00 s/d selesai
Tempat                              : 1. PT. Amerta Indah Otsuka, Kejayan
                                            2. Jatim  Park 1 Batu Jawa Timur











BAB II
( PROFIL PERUSAHAAN )
2.1 Gambaran Umum Perusahaan
       2.1.1 Profil PT. Amerta Indah Otsuka
PT. AMERTA INDAH OTSUKA atau yang lebih dikenal PT. POCARI SWEAT   berada di Jl. Raya Pasuruan-Malang, 11 km dari Desa Pacarkeling, Kecamatan Kejayan, Kabupaten Pasuruan.  PT. Amerta Indah Otsuka memiliki luas ± 12 hektar.  Perusahaan ini diresmikan pada 26 Mei 2010 oleh Bapak Wakil Gubernur Jawa Timur 2009-2013 yang bernama Drs. H. Saifullah Yusuf, Executive Vice President Otsuka Pharmaceutical co., Ltd. Jepang Mr. Masayuki Umeno, dan Jajaran Direksi Perusahaan.
Induk Perusahaan Pocari Sweat terdapat di Jepang yaitu PT. Otsuka Pharmauchetical Co, Ltd. Pusat Cabang perusahaan di Indonesia adalah PT. Amerta Indah Otsuka yang terletak di Sukabumi Factory, Jawa Barat. Perusahaan Pocari Sweat di Sukabumi memiliki luas ± 22 hektar. Produk unggulan PT. Amerta Indah Otsuka adalah Minuman Isotonic Pocari Sweat ( minuman ringan pengganti Ion tubuh yang hilang ) dan Makanan Ringan Soyjoy ( makanan yang memanfaatkan kedelai dan buah sehingga menjadi makanan yang sehat dan praktis ).
       2.1.2 Sejarah Perusahaan
PT. Otsuka Pharmauchetical Co, Ltd pertama kali berdiri tahun 1921 oleh Bapak Busaburo Otsuka. Bapak Otsuka menemukan minuman isotonic pengganti Ion tubuh yang dinamakan Pocari Sweat. Sehingga pada tahun 1964 didirikan sebuah Pabrik Pocari Sweat yang terdapat di Jepang dengan nama Otsuka Pharmauchetical Co, Ltd. Untuk memproduksi Pocari Sweat dan sebagai Induk Perusahaan di seluruh dunia. Akhirnya pada tahun 1973 Pocari Sweat berhasil mengekspor ke luar Jepang untuk pertama kali.
Pocari Sweat sendiri hadir di Indonesia tahun 1989 kemasan kaleng. Lalu pada tahun 1997 didirikan Perusahaan Pocari Sweat tepatnya di Sukabumi Factory, Jawa Barat dengan nama PT. Kapal Indah Otsuka. Selanjutnya tahun 1999 berganti nama menjadi PT. Amerta Indah Otsuka. Sehingga Perusahaan Pocari Sweat di Sukabumi mulai memproduksi Pocari Sweat tahun 2004. Tahun 26 Mei 2010 PT. Amerta Indah Otsuka Kejayan diresmikan dan mulai memproduksi April 2010. Sekarang generasi ke-3 Bapak Otsuka adalah Akihiko Otsuka yang mempunyai 153 perusahaan di 23 Negara, 105 pabrik, 44 pusat penelitian dan 39.000 karyawan diseluruh dunia.
       2.1.3 Visi dan Misi PT. Amerta Indah Otsuka
- Visi Perusahaan :
Menjadi perusahaan yang brilian, dengan memberi kontribusi yang    signifikan dan terpercaya bagi konsumen serta masyarakat.
            - Misi Perusahaan :
1.      Mengembangkan dan mempertahankan karyawan yang berkualitas tinggi untuk menghasilkan produk-produk berkualitas tinggi.
2.      Menjadikan kebutuhan kesejahteraan konsumen dan masyarakat sebagai prioritas utama.
3.      Menangkap peluang di semua aspek secara tepat dan inovatif untuk kesejahteraan dan kepuasan konsumen serta perkembangan perusahaan.
4.      Mengembangkan dan mempertahankan hubungan yang saling menguntungkan dengan rekan bisnis.
5.      Menjadi perusahaan terpercaya.

       2.1.4  Perkembangan Produk PT. Amerta Indah Otsuka.
Pada tahun 1989 Pocari Sweat pertama kali masuk ke Indonesia dengan kemasan kaleng. Selanjutnya Bulan Februari tahun 2001 Pocari Sweat  sachet 15 gr diluncurkan .
 Pada Tahun 2004 mulai memproduksi di Sukabumi. Lalu pada bulan Juni 2006 Pocari Sweat PET Bottle kemasan 500 ml diluncurkan. Selanjutnya pada bulan September tahun 2007 PT. Amerta Indah Otsuka meluncurkan makanan ringan Soyjoy, kemudian bulan oktober kembali meluncurkan Pocari Sweat kemasan 350 ml .
Pada februari 2008 kantor Sukabumi & line produksi pocari sweat kemasan PET resmi dibuka dengan meluncurkan Pocari Sweat PET Bottle 2 liter. Bulan april tahun 209 pocari kembali meluncurkan  kemasan PET 350 ml bersamaan meluncurkan Soyjoy. Pada Tahun 2010 PT. Amerta Indah Otsuka memproduksi Pocari kemasan PET Bottle 500 ml dan meluncurkan Soyjoy Rasa Strawberry. Pertengahan tahun  2011 Pocari Sweat PET Bottle 900 ml diluncurkan. Sampai sekarang PT. Amerta Indah Otsuka terus memproduksi Pocari Sweat dengan berbagai kemasan.
       2.1.5 Fasilitas Perusahaan untuk Masyarakat sekitar
·         Masjid :
Fasilitas ibadah yang bisa di pergunakan untuk umum. Seperti melaksanakan Sholat Jum’at bersama - sama  
·         Training Center :
Fasilitas pelatihan bagi warga sekitar
·         Pendidikan Gratis : Karyawan PT. Amerta Indah Otsuka sukarela memberi sekolah gratis dengan mata pelajaran bagi anak-anak kurang mampu disekitar pabrik setiap hari rabu dan jumat.
·         Lapangan Bola :
Fasilitas lapangan yang bisa digunakan untuk olahraga bersama karyawan, warga sekitar dan anak-anak sekolah yang ingin olahraga disitu tetapi harus mempunyai ijin penggunaan dari perusahaan.
 
   2.1.6 Penghargaan yang diperoleh
Selama kurun 20 tahun keberadaannya, Pocari Sweat telah mendapatkan sertifikat Hazard Analysis of Critical Control Poin (HACCP) yang dikeluarkan Badan Akreditasi Internasional. Selain itu, PT Amerta Indah Otsuka telah memperoleh sertifikat ISO 14001, yang merupakan standar internasional manajemen kualitas dan masih banyak yang lain . Diharapkan, dengan sertifikat itu makin meningkatkan kualitas kerja dan pelayanan kepada pelanggan.Beberapa sertifikat yang diperoleh PT. Amerta Indah Otsuka.
                                                             





            Best Brand 2012     Zero Accident Award           Best Brand 2011
           


 




                     ICSA 2011                 Top Brand Award            ICSA 2012
 



           
                      World  Mounth Award                  Kecelakaan Nihil
 




           
                             HAACP               ISO 9001 : 2008     OHSAS 18001 : 2007
 





                                                          Badan POM-RI
BAB III
PELAKSANAAN KUNJUNGAN
3.1 Gambaran Umum Pelaksanaan
Pelaksanaan Kunjungan Industri ini  berangkat dengan menggunakan Bis. Peserta yang ikut adalah siswa-siswi dan Guru Kompetensi Keahlian Kimia Industri serta guru pendamping. Sesampai disana peserta kunjungan diterima baik oleh Karyawan Perusahaan. Pembukaan acara diawali dengan pengenalan karyawan perusahaan dan setelah itu peserta diperbolehkan mengambil satu per satu produk perusahaan yaitu Pocari Sweat di Vending Machine untuk dinikmati bersama. Selesai menikmati produk perusahaan, peserta di kumpulkan di Ruang Auditorium untuk diberikan Informasi mengenai Perusahaan itu sendiri. Di Ruang itu peserta diberi kesempatan untuk melakukan sesi tanya jawab mengenai sekilas tentang perusahaan. Pertanyaan-pertanyaan itu antara lain :
1. Husnia ( X KI 1 )
Tanya : Di semua perusahaan pasti terdapat Limbah. Apakah di   Perusahaan ini Limbah itu diproses kembali ?
Jawab : Ya, Limbah Perusahaan di Proses Kembali.
Jenis Limbah di Pabrik ada 2, yaitu :
1. Limbah Cair, biasanya limbah cair digunakan untuk  air kolam ikan di pabrik, Karena limbah cair pabrik ini tidak berbahaya / tidak mengandung unsur apapun. Itu telah dibuktikan melalui tes.
2. Limbah Padat ( Botol ), botol perusahaan biasanya dihancurkan. Tetapi masyarakat sekitar terkadang memanfaatkan botol sebagai kreasi karena kemasan botol Pocari sewat sangat lunak sehingga bisa dibentuk apapun.
2. Dinda Ayu ( X KI 1 )
Tanya : Apakah jenis APAR yang terdapat di Pabrik ?
Jawab : Jenis APAR di perusahaan tidak hanya satu, tetapi beragam tergantung pada ruangan tertentu. Di Perusahaan ada banyak APAR seperti Dry Chemichal, Hydrant,  Multi Purpose Fire Extinguler
                
Dry Chemichal               Multi Purpose                       Hydrant
Selesai berkumpul di Ruang auditorium peserta diajak salah satu karyawan perusahaan untuk melihat langsung proses produksi Pocari Sweat. Berhubung kesepakatan kunjungan berakhir jam 11.00 siang, maka tidak bisa berlama-lama lagi berada di perusahaan. Sebelum keluar dari perusahaan peserta diberi hadiah dari perusahaan berupa minuman Pocari Sweat dan melakukan Foto bersama. Setelah itu peserta melanjutkan rencana berwisata ke JP 1 Batu Jawa Timur.






3.2 Ulasan Materi
      3.2.1 Alat dan Bahan
            Alat yang digunakan :            
1.      Mesin Pemanasan                         
2.      Mesin Pendingin                          
3.      Mesin Pelabelan                           
4.      Mesin Pengemasan
5.      Mesin Pembentukan Botol
            Bahan-bahan yang digunakan :
1.      Air Astesis
2.      Resin ( bijih platik )
3.      Label Kemasan
4.      Senyawa yang dibutuhkan pada produk











Resin
 
3.2.2 Diagram Alir Pengerjaan
 





















3.2.3 Proses Pengerjaan
            Proses Pengerjaan Pocari Sweat :
1.      Resin / Bijih Plastik
Bijih plastik sebagai bahan pembuatan kemasan *P.E.T, dibawah pengawasan QC yang ketat.
2.      Injection Preform
Resin dipanaskan dan dicetak menjadi preform / calon botol.
3.      Blowing Proses
Preform ditutup dengan suhu dan tekanan tertentu, dicetak menjadi botol.
4.      Filling Proses
Pengisian larutan Pocari sweat pada suhu kamar kedalam botol dan di lanjutkan dengan proses capping ( penutupan).
5.      Labeling Proses
Pemberian label pocari sweat pada botol.
6.      Inspeksi
Secara otomatis dengan menggunakan kamera pengawas, untuk memberikan jaminan kualitas yang tinggi.
7.      Produk
Hasil akhir telah jadi berbentuk Minuman Ringan Pocari Sweat.
8.      Pengemasan
Produk dikemas kedalam karton dan disusun otomatis oleh mesin..
9.      Distribusi
Yang telah lulus uji kualitas dapat dikirim ke konsumen.





3.2.4 Kandungan pada Pocari Sweat
                        Melakukan aktivitas setiap hari ion dalam tubuh seseorang akan       berkurang. Untuk itu diperlukan sesuatu yang dapat mengembalikan Ion         tubuh yang hilang. Akhirnya terlahir ide membuat minuman isotonic yang    dapat mengembalikan Ion tubuh yang bernama Pocari Sweat.
                        Pocari Sweat   dibuat dari Air Astesis yang berkedalaman ± 120 m karena kandungan Air Astesis sangat bermanfaat bagi tubuh. Itu      telahdibuktikan melalui berbagai uji kualitas dan Pocari Sweat telah             diakuiseluruh dunia karena     manfaatnya.PT. Amerta Indah           OtsukaKejayan           memakai Air Astesis dari komplek gunung Tengger.
                        Berikut ini adalah informasi kandungan  pada Pocari Sweat :
·         Konsentrasi Elektrolit :
Kation ( Meq/L ) :
Na+                   = 21
K+                    = 5
Ca 2+                = 1
Mg2+                     = 0,5
Anion ( meq / L )
Cl-                         = 16
Sitrat3-                 = 10
Laktat-                = 1
·         Komposisi :
Air, Gula, Asam Sitrat, Natrium Sitrat, Natrium Klorida, Kalium Klorida, Kalsium Laktat, Magnesium Karbonat, dan perisa sitrus.
·         Nilai Gizi :
Energi total                       = 25 kkal
Lemak total                       = 0 g / 0 %
Protein                               = 0 g / 0 %
Karbohidrat total             = 6 g / 2 %
Natrium                             = 45 mg / 2 %

BAB IV
PENUTUP
4.1 Kesimpulan
                        Setelah  melakukan kunjungan industry di PT. Amerta Indah           Otsuka Kejayan-Pasuruan dapat disimpulkan bahwa :\
1.      PT. Amerta Indah Otsuka adalah perusahaan terbesar di Indonesia bahkan di dunia
2.      Produk unggulan perusahaan Pocari Sweat adalah Minuman Isotonic Pocari Sweat dan Makanan ringan Soyjoy
3.      Perusahan menyediakan berbagai fasilitas untuk masyarakat di sekitarnya untuk digunakan bersama.
4.      Perusahaan selalu menjaga kebersihan lingkungan di dalam maupun di luar perusahaan sehingga tidak menimbulkan dampak negative bagi karyawan dan masyarakat.
4.2 Saran
·         Kami mengharapkan agar kandungan gizi pada produk bisa ditingkatkan  lagi.
·         Perusahaan diharapkan dapat memperbanyak produk-produk   beranekaragam.
·         Diharapkan limbah perusahaan dapat dijaga dengan baik sehingga tidak mencemari lingkungan sekitar.
·         Perusahaan diharapkan selalu menjaga kualitas produk sehingga tidak terdapat unsur-unsur yang berbahaya pada produk.




DAFTAR PUSTAKA

Afandi, Achmad ( 2008 ). Laporan Kunjungan Industri PT. Indofood Sukses            
                                             Makmur, Tbk. Kelas X KI 2 SMKN 1 Grati. Pasuruan

Tiada ulasan:

Catat Ulasan

Catat Ulasan